Pages

Rabu, 25 September 2013

Ciri ciri Penyakit Usus Buntu

Selamat datang diwebsite kami , kali ini kami akan memberikan Informasi tentang usus buntu ciri ciri penyakit usus buntu,gejala usus buntu, kita pasti sering mendengar tentang penyakit satu ini, sekedar tahu ciri ciri usus buntu, gejala usus buntu dan seputar masalah penyakit ini agar bisa lebih waspada untuk langkah antisipasinya.

Usus buntu merupakan salah satu jenis penyakit yang sering menyerang seseorang, katanya sih lebih berpotensi menyerang seseorang yang suka makan makanan pedas. Karena usus buntu tersumbat oleh biji cabe atau biji tomat sehingga masuk ke usus buntu. Usus buntu adalah saluran yang berada si usus yang benar-benar buntu. Besarnya kira-kira sejari kelingking manusia, terletak pada perut bagian kanan bawah dan terhubung langsung pada usus besar.

Berikut adalah gejala usus buntu yang sering dialami penderita usus buntu:
1. Rasa nyeri yang hebat di area perut kanan bawah atau di sekitar selangkangan
2. Saat batuk atau bersin, perut kanan bawah juga terasa sakit
3. Terkadang disertai demam
4. Kurang nafsu makan
5. Jika area pertu ditekan, perut bagian kanan bawah akan terasa lebih sakit.

Usus buntu adalah salah satu bagian dari usus manusia dan terletak dalam rongga perut manusia,secara fungsi belum ada keterangan lebih lanjut dari para ahli hingga saat ini namun terdengar kabar bahwa salah satu fungsi usus buntu dalam diri manusia adalah untuk mempertahankan sistem imunitas dalam tubuh manusia. Jika Usus ini menaglami peradangan atau biasa disebut dengan radang usus buntu maka penderitanya akan merasakan sakit yang cukup hebat bahkandisinyalir hingga bisa menimbulkan kematian untuk penderitanya, nah untuk menghindari hal-hal seperti ini ada baiknya jika mulai saat ini anda sudah mulai mengenal gejala usus buntu sehingga dengan mengetahui gejala yang ada maka akan segera dilakukan tindakan lebih lanjut.

Ciri Ciri Penyakit Usus Buntu

Berikut beberapa gejala usus buntu yang kerap muncul dan dialami oleh calon penderita:

1. Rasa Nyeri Di Sekitar Pusar
Gejala awal penyakit usus buntu biasanya merasakan sakit atau nyeri di sekitar pusar kemudian berpindah ke perut bagian kanan bawah karena memang letak usus buntu di bagian tersebut. Rasa sakit yang ditimbulkan di awal ini memang belum bisa menjadi acuan, karena bisa saja sakit tersebut karena sebab lain misalnya menstruasi atau sembelit.

2. Rasa Nyeri Semakin Meningkat
Nah setelah gejala yang pertama tadi belum bisa jadi acuan, maka pada gejala kedua ini sudah bisa dijadikan acuan. Jika rasa nyeri di sekitar perut bagian kanan akan semakin meningkat maka bisa dikatakan bahwa itu merupakan ciri-ciri penyakit usus buntu. Anda bisa mengetahui gejala ini dengan cara anda telentang, lalu tekuk kedua lutut dengan tangan memeluk kedua lutut tersebut kemudian tempelkan / naikkan ke atas perut. Jika anda merasakan sakit di perut kanan bagian bawah, maka kemungkinan besar adalah penyakit usus buntu.

3. Nafsu Makan Menurun
Setelah dua gejala awal di atas, maka gejala selanjutnya adalah nafsu makan yang menurun. Cara mengetahui nafsu makan menurun adalah jika biasanya makan siang tepat waktu dan dengan jumlah porsi cukup banyak, maka jika terkena penyakit usus buntu penderita tidak bernafsu makan meskipun dengan menu yang menggoda.

4. Mual dan Muntah
Mual dan muntah merupakan gejala susulan yang terjadi akibat rasa nyeri di perut dan nafsu makan yang menurun sehingga asam lambung meningkat karena kurang asupan. Gejala ini biasanya dialami apabila gejala pertama dan kedua berlangsung selama 3 hari.

5. Diare dan Sembelit
Ketiga gejala ini akan dialami oleh penderita usus buntu yang sudah berlangsung cukup lama dan tidak segera memriksakannya ke doter. Diare dan sembelit disebabkan karena usus buntu terletak di usus besar sehingga bila usus buntu mengalami peradangan maka proses sekresi juga akan terganggu.

6. Demam dan Sering Buang Angin
Demam disertai perut kembung maupun sering buang gas merupakan gejala kesekian dari penyakit usus buntu karena terganggunya sistem pencernaan. Logikanya, jika kelima gejala sebelumnya telah terlihat dan berlangsung cukup lama maka tentunya kondisi tubuh juga akan drop.

7. Perut Membengkak dan Kram Perut
Penumpukan kotoran dalam perut mengakibatkan membengkaknya diameter perut khususnya perut depan bagian kanan. Pada saat tersebut biasanya juga dibarengi dengan gejala kram perut.

Sebagai pembaca yang cerdas, hendaknya anda harus lebih teliti dan jeli dalam melihat gejala-gejala di atas untuk segera periksa atau sekadar berkonsultasi kepada dokter terdekat untuk ditangani agar tidak semakin parah. Jika penyakit usus buntu sudah terlanjur parah maka satu-satunya jalan adalah dengan cara operasi. Tentunya anda tidak ingin anda terbaring di meja operasi hanya karena ketidaktelitian anda dalam mendeteksi suatu gejala. Konsumsilah makanan yang berserat dan rajin berolahraga agar kondisi organ tubuh tetap terjaga. Untuk itu perhatikanlah kesehatan tubuh anda agar sehat dan jauh dari berbagai penyakit termasuk usus buntu. 

Demikian sedikit informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus artikel kami untuk mendapatkan berbagai informasi penting dan menarik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About